Jumat, 30 Desember 2011

Jelaskan persamaan & perbedaan antara IBD (Ilmu Budaya Dasar) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) ?


Jawab:
IBD (Ilmu Budaya Dasar) adalah ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar budaya di suatu daerah/tempat. Misalnya, nilai hubungan perilaku anak dengan orang tuanya, anak dengan teman disekitarnya, dan hubungan masyarakat dengan masyarakat lainnya. Mengenal Ilmu Budaya Dasar sangatlah menyenangkan, karena dalam mengenal suatu budaya maka kita juga dapat  melestarikan budaya tersebut agar budaya yang ada tidak punah. Selain itu, Ilmu Budaya Dasar juga sangat berpengaruh dalam proses mengenal suatu budaya.

IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan sosial dalam bermasyarakat. Ilmu Pengetahuan Sosial juga mengajarkan kita dalam berinteraksi yang baik dengan masyarakat sekitar. Misalnya, kita harus menghormati orang yang lebih tua, berbicara dengan bahasa yang baik dan benar, dan bersikap sopan santun.
Perbedaan :
-          Ilmu Budaya Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan atau budaya suatu daerah / tempat yang menjadi dasar hukum disuatu masyarakat.
-          Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan atau budaya suatu daerah / tempat yang menyangkut hubungan sosial suatu masyarakat.
Persamaan :
-          Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial ke 2(dua) nya mempelajari masalah hubungan antar masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar