Jumat, 30 Desember 2011

Jelaskan perbedaan mengenai hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan sebagai makhluk ekonomi ?


Jawab:

Manusia sebagai makhluk sosial adalah pada hakekatnya manusia didunia ini tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain, karena pada hakekatnya manusia diciptakan untuk saling melengkapi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, pakaian yang kita guanakan sehari-hari adalah pakaian yang diproduksi oleh orang lain tanpa orang tersebut memproduksi pakaian maka kita tidak akan bisa memakai pakaian seperti saat ini karena tidak mungkin bila kita memproduksi pakaian sendiri. 

Manusia sebagai makhluk ekonomi adalah pada hakekatnya manusia memiliki sifat konsumtif dan tidak pernah memiliki rasa puas dalam mengkonsumsi suatu barang. Karena, dalam sehari-hari kita membutuhkan suatu barang dan barang tersebut sangat berpengaruh dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, pakaian yang kita pakai sehari-hari, makanan untuk menambah energi, dan kebutuhan lainnya. Oleh sebab itu, manusia disebut sebagai makhluk ekonomi. 

Perbedaan Hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan sebagai makhluk ekonomi :

-          Sebagai makhluk sosial, manusia adalah merupakan makhluk yang dipengaruhi oleh kehidupan sosial dalam suatu masyarakat, misalnya hubungan perilaku antar anggota keluarga, anggota masyarakat.

-          Sebagai makhluk ekonomi, manusia adalah merupakan makhluk yang dipengaruhi oleh kehidupan perekonomian dalam suatu masyarakat, misalnya hubungan jual beli, perdagangan antar anggota masyarakat, dan lain-lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar